Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Bisnis & Ekonomi » Sinergi DPC Peradi SAI Surabaya Raya Dengan Kanwil DJP Jatim II Dalam Seminar Perpajakan Bagi Para Advokat

Sinergi DPC Peradi SAI Surabaya Raya Dengan Kanwil DJP Jatim II Dalam Seminar Perpajakan Bagi Para Advokat

(44 Views) June 20, 2022 10:05 pm | Published by | No comment

Sidoarjo – SuaraJakarta.News – [20 Juni 2022] Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Suara Advokad Indonesia (SAI) DPC Surabaya Raya bersinergi dengan Kanwil DJP Jatim II menggelar seminar perpajakan dengan judul

Sosialisasi Perpajakan bagi Advokad Dalam Rangka Program Pengungkapan Suka Rela
Seminar yang diadakan di Kantor Kanwil Pajak Jatim II, di Jl.Raya Juanda No.37 Semambung Sidoarjo, tersebut merupakan salah satu agenda dari DPC Peradi SAI Surabaya Raya yang diharapkan dapat terus berkesinambungan.

Sinergi tersebut tidak lepas dari peran Sekretaris DPC Peradi SAI Surabaya Raya. DR. Agung Satrio Wibowo, S. E., AK., C. A., S. H., M. H., Cpa, dimana dalam seminar tersebut memberikan statemen sebagai berikut, “Saya mengkoordinir seluruh DPC di Jawa Timur supaya mengikuti acara hari ini.”

Kedepan kita sangat mengharapkan dukungan dari Kanwil DPJ Jatim II, karena setiap pendampingan klien tidak terhindar dari aspek hukum, misalnya nanti ada acara tentang akuisisi suatu Perusahaan maka perlu sudut pandang dari sisi perpajakan bagaimana ucapnya.

Kita sebagai advokad tidak mau tergelincir terhadap sesuatu yang kita buta pajak, itu kalau kita memang tidak tau seperti jalan di hutan yang tidak tahu arah.

Jadi kedepannya anggota Peradi SAI akan lebih melek terhadap pajak, karena itu juga untuk kepentingan kita semua kedepan, tandasnya.

Lebih lanjut, F. G. Sri Suratno selaku Fungsional Penyuluh Pajak Ahli Madya dari Kanwil DJP Jawa Timur II memaparkan bahwa “Program Pengungkapan Sukarela (PPS) adalah program yang memberikan kesempatan kepada Wajib Pajak untuk melaporkan atau mengungkapkan kewajiban perpajakan yang belum dipenuhi secara sukarela melalui dua kebijakan,” paparnya.

“Ada 2 kebijakan dalam hal ini, Kebijakan I adalah pembayaran PPH final berdasarkan pengungkapan harta yang atau tidak atau belum sepenuhnya dilaporkan oleh peserta program pengampunan Pajak, kemudian Kebijakan II adalah Pembayaran PPH final berdasarkan pengungkapan harta yang belum dilaporkan dalam SPT tahunan Pajak penghasilan orang pribadi tahun pajak 2020,” imbuhnya.

“Program PPS ini diselenggarakan sejak 1 Januari 2022 hingga 30 Juni 2022, oleh sebab itu kami berharap bagi wajib pajak untuk memanfaatkan Program PPS ini,” tandasnya.

DR. Abdul Salam, S. H., M. H. selaku ketua DPC Peradi Suara Advokat Indonesia (S.A.I) Surabaya Raya menyampaikan ” Peradi S.A.I. saat ini sudah bekerjasama dengan Kanwil DJP Jawa Timur II untuk memberikan edukasi kepada anggota Peradi S.A.I. tentang pentingnya wawasan perpajakan, karena kami membutuhkan informasi soal perpajakan disaat mendampingi klien kami yang dilapangan,” ucapnya.

“Peradi SAI kedepan akan selalu bekerjasama untuk Indonesia Maju, karena sebagai penegak hukum, sebagai anak Bangsa kami akan membantu Ditjen Pajak karena memang tidak lepas daripada itu, dengan kerjasama kami ini untuk membangunkan orang tidur terkait pajak, agar mereka tau bahwa ada pengacara yang bisa mendampingi terkait pajak,” tuturnya.

Agustin Vita Avantin, Kepala Kantor Wilayah DJP Jawa Timur II saat diwawancarai awak media mengatakan bahwa ia ingin menyampaikan kepada wajib pajak bahwa PPS ini programnya periode hingga 30 Juni 2022, apa kedepannya setelah itu? karena banyaknya data yang masuk maka kami sejak Januari 2022. memberikan himbauan, kami harap para wajib pajak memanfaatkan program ini, setelah tanggal 30 Juni 2022, akan kami pilah dan klarifikasi bagi yang tidak memanfaatkan PPS akan kami lakukan penegakan hukum secara transparansi sesuai data,” ungkapnya.

Masih kata Vita “Program PPS ini sangat mudah karena berbasis online, sehingga bisa dilakukan dimana saja, verifikasi nya pun sangat cepat, kurang lebih 1 Jam sudah selesai sepanjang akses nya lancar,” pungkasnya.

Seminar digelar pukul mulai, 10.00 WIB hingga selesai, secara offline dan daring via zoom meeting juga dihadiri oleh puluhan anggota Peradi SAI.

(Pri~Kho-Tjun)

No comment for Sinergi DPC Peradi SAI Surabaya Raya Dengan Kanwil DJP Jatim II Dalam Seminar Perpajakan Bagi Para Advokat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *