Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Hukum & Kriminal » Kerja 11 Tahun Di PHK. Menuntut Ke Disnakertrans 8 Bulan Belum Selesai, PT.NCS Sidoarjo Se Akan Kebal Hukum.

Kerja 11 Tahun Di PHK. Menuntut Ke Disnakertrans 8 Bulan Belum Selesai, PT.NCS Sidoarjo Se Akan Kebal Hukum.

(90 Views) March 15, 2022 11:12 am | Published by | No comment

 

Sidoarjo – SuaraJakarta.News – Seperti diketahui berita tanggal 13 Februari 2022, bahwa PT NCS (Nusa Cipta Sarana) Sidoarjo telah mendapatkan nota pemeriksaan ke 1, yang isinya pelanggaran hukum membayarkan upah di bawah UMK kepada pekerja Boedi Setyono, S.T., pengawas korwil I Disnakertrans provinsi Jatim, maka dalam jangka waktu 30 hari lagi akan disusulkan nota pemeriksaan ke 2.

Di selah jedah menjelang terbitnya nota pemeriksaan 2 PT. Nusa Cipta Sarana melobi pekerja Boedi Setyono,S.T., untuk menyelesaikan masalah secara kekeluargaan. Tepatnya tagggal 25 Februari 2022 hari Jumat Pahing, terjadi proses negoisasi antara pihak kuasa hukum PT NCS dan pihak Boedi Setyono, S.T.. Akan tetapi tidak terjadi kesepakatan karena pihak PT. Nusa Cipta Sarana, bersikukuh memberikan uang senilai 50 juta. Sedangkan tuntutan pihak Boedi Setyono, S.T., senilai 218 juta, dan sudah diturunkan senilai 180 juta, turun lagi sampai dengan 160 juta, tuntutan tersebut dengan perincian dan pesangon, masih ada kurang bayar upah selama bekerja 11 Tahun dan jaminan sosial atau selama bekerja tidak pernah diikutsertakan BPJS ketenagakerjaan selama bekerja, di PT. NCS ini.

Karena negosiasi gagal, hari itu juga pihak PT. NCS, mencatat kan penyelesaian perselisihan ke Disnaker Sidoarjo.Selanjutnya tertanggal 09 Maret 2022. Disnaker Sidoarjo mengundang kedua belah pihak untuk hadir pada tanggal 11 Maret 2022, hari Jumat legi jam 09.00 WIB dalam acara klarifikasi permohonan penyelesaian perselisihan hubungan industrial.

Dalam acara tersebut pihak PT. NCS, tetap berpendirian memberikan pesangon uang sebesar 50 juta, seperti ketika bernegoisasi di kantor PT. NCS lalu.

Sedangkan pihak Boedi Setyono,S.T., dengan tegas menolaknya. Perundingan yang dimediatori PPHI Disnaker Sidoarjo, Ucok Sunyoto dipending sementara karena tidak ada titik temu.

Seperti diketahui di UU Cipta Kerja pasal 88A ayat 3, pengusaha tidak boleh membayar upah di bawah UMK, pengusaha bisa dituntut hukum Pidana paling singkat 1 Tahun dan paing Lama 4 Tahun, serta dikenakan Denda paling Sedikit 100 juta dan paling Banyak 400juta. Berdasarkan UU Ketenagakerjaan pasal 185 nomor 13 tahun 2003, jika ada pengusaha yang membayarkan upah lebih rendah dari upah minimum, hal itu merupakan Tindak Pidana Kejahatan. Yang bunyi hukuman pidana dan denda sudah tersebut di atas.

(Budi)

Categorised in: ,

No comment for Kerja 11 Tahun Di PHK. Menuntut Ke Disnakertrans 8 Bulan Belum Selesai, PT.NCS Sidoarjo Se Akan Kebal Hukum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *