Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Jendela Nusantara » Wisata Goa Akbar yang Panjangnya 1,5 Km Cocok Untuk Anda Dalam Mengisi Liburan Panjang

Wisata Goa Akbar yang Panjangnya 1,5 Km Cocok Untuk Anda Dalam Mengisi Liburan Panjang

(243 Views) August 12, 2019 11:23 am | Published by | No comment

Tuban – JNTV – Sebentar lagi kita akan memasuki liburan sekolah, hendak kemanakah anda berlibur ?

Ada sebuah Goa yang indah dan unik di Tuban yang panjangnya dapat mencapai 1,5 Km, yang berada di Jalan Gajah Mada Tuban, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa timur, Indonesia.

Namanya Wisata Goa Akbar, yaitu tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.

Tempat ini memberikan kesan yang sangat indah dan unik yang bisa memberikan sensasi berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Wisata Goa Akbar di Tuban ini memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi,

Akan sangat di sayangkan jika anda berada di kota Tuban tapi tidak mengunjungi wisata Goa Akbar ini yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Goa Akbar yang Luas itu sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.

Penduduk lokal daerah Wisata Goa Akbar di Tuban juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan Asing.

Ketika wartawan masuk ke wilayah Wisata Goa Akbar, terdapat panorama Satwa Kijang Manjangan yang sengaja di tangkar oleh Dinas Pariwisata Setempat untuk menambah keunikan Wisata Goa Akbar Tersebut.

Kunjungan Wartawan ke Wisata Goa Akbar tersebut disambut dengan Ramah oleh Bapak Basir seorang guide atau pemandu wisata yang rendah hati sopan dan baik hati.

Dengan Sabarnya Pak Basir Mengiringi wartawan sambil menceritakan seluk beluk keadaan di Goa Akbar ini.

“Adanya pohon Abar, yaitu pohon yang hidup di dekat pintu masuk goa juga menyebabkan sejak dulu masyarakat setempat menyebutnya Goa Abar atau Ngabar. Kata Akbar itu kini dipergunakan Pemerintah Kabupaten Tuban sebagai slogannya,” ungkap Basir Menjelaskan kepada Wartawan.

Akbar menjadi akronim dari Aman, Kreatif, Bersih, Asri, dan Rapi. Goa Akbar memiliki berbagai nilai religius.

“Keberadaan Goa Akbar Sendiri tidak lepas dari cerita kedatangan Sunan Bonang untuk melihat Goa Akbar itu karena ia diajak oleh Sunan Kalijogo yang pada saat itu masih bernama RM Sahid,” lanjut Basir.

Di Goa Akbar tersebut ada satu lorong tempat yang dipercaya oleh penduduk setempat sebagai tempat Sunan Kalijogo dan Sunan Bonang pernah bertapa.

Lorong yang seperti ceruk itu diberi nama Pasepen Koro Sinandhi, yaitu tempat pintu yang dirahasiakan. Ceruk ini sangat kecil pintunya. Untuk masuk ke dalamnya, orang dewasa harus merangkak atau sekurangnya membungkuk. Tapi didalamnya sangat luasdan besar.

Oleh masyarakat sekitar dipercaya prosesi membungkuk ini memiliki makna filosofis yang tinggi.

Memang struktur tanah daerah Tuban banyak mengandung kapur, tidak heran juga jika goa-goa di Tuban ini memiliki stalaktit dan stalagmit yang indah.

Belum dieksplorasinya lorong-lorong di Goa Akbar ini juga menyisakan cerita tersendiri.

Reporter : Luq

Categorised in:

No comment for Wisata Goa Akbar yang Panjangnya 1,5 Km Cocok Untuk Anda Dalam Mengisi Liburan Panjang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *