Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Informatif » Sistem Inovasi Daerah,Dihadiri Oleh Kapala Pusat Inovasi Daerah Kementrian Dalam Negeri

Sistem Inovasi Daerah,Dihadiri Oleh Kapala Pusat Inovasi Daerah Kementrian Dalam Negeri

(318 Views) September 11, 2019 4:48 pm | Published by | No comment

Malut – SUARA JAKARTA NEWS – Sistem Inovasi Daerah (SIDa) oleh Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara (Malut) di Aula Istanah Daerah (ISDA) Desa Fagudu, Kecamatan Sanana. Selasa (10/9)

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Kabupaten Kepulauan Sula, Hendrata Thes, Sekretari Daerah (Sekda), Hi. Umar Umabaihi dan sejumalah Kepala OPD dan Para Camat, serta Kapala Pusat Inovasi Daerah Kementrian Dalam Negeri, Maurets Horas Panjaitan sebagai narasumber.

Sementara Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Kepulauan Sula, Syafrudin Sapsuha membuka secara resmi acara tersebut dan menyampaikan regulasi terkait dengan SIDa serta mengapa daerah perlu melakukan inovasi.

Inovasi perlu dilakukan karena keterbatasan dalam sumber daya, baik sumber daya alam, aparatur dan anggaran. Di sisi lain, masyarakat membutuhkan peningkatan kualitas pelayanan, peningkatan daya saing daerah dan ketercukupan pangan dan energi.” ucap Syafrudin

Lanjut Syafrudin, Oleh karena itu, perlu inovasi dengan kerja keras, cerdas dan  selalu mengikuti kemajuan IPTEK sehingga keseluruhan proses dan output menjadi lebih efektif, efisien, produktif dan berkualitas.

Sebagaimana diamanahkan peraturan bersama Menristek dan Mendagri nomor  03 dan 36 Tahun 2012 tentang Penguatan SIDA.

Disampaikan juga bahwa pada dasarnya Kabupaten Kepulauan Sula pada tahun 2019 ini dokumen perencanaan pembangunan sangat penting, sehingga inovasi harus terpadu dalam dokumen perencanaan.

Dalam hal ini, Kabupaten Kepulauan Sula telah melaksanakan penyelarasan SIDa dengan dokumen RPJMD.

Jenis, prosedur dan metode penyelenggaraan pemerintah daerah yang inovatif harus diatur dengan Perkada sebagaimana amanat pasal 388 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Hal terpenting dalam sosialisasi SIDa, sehingga membawa manfaat dalam penguatan SIDa untuk dilakukan dengan sungguh-sungguh sehingga dapat mempercepat pembangunan di Kabupaten Kepulauan Sula. ” tutur Syafrudin

Reporter : Dino

Categorised in:

No comment for Sistem Inovasi Daerah,Dihadiri Oleh Kapala Pusat Inovasi Daerah Kementrian Dalam Negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *