Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Headline » Sidang Gugatan SPRI dan PPWI di PT Dimenangkan oleh Kubu Dewan Pers

Sidang Gugatan SPRI dan PPWI di PT Dimenangkan oleh Kubu Dewan Pers

(337 Views) September 12, 2019 1:40 am | Published by | No comment

Jakarta – SUARA JAKARTA NEWS – Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta dengan tegas menolak seluruh gugatan yang diajukan Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) dan Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI).

Wilson Lalengke dan kawan kawan menggugat keabsahan Peraturan Dewan Pers mengenai kewajiban wartawan Indonesia untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan yang sesuai dengan Standar Kompetensi Wartawan.

Dalam keputusannya No.331/PDT/2019/PT.DKI pada 26 Agustus 2019 kemarin, majelis hakim tinggi yang terdiri dari Imam Sungudi sebagai ketua serta hakim anggota Haryono dan Hiyanto, dengan tegas menyatakan seluruh gugatan penggugat ditolak.

Pengadilan Tinggi juga menghukum para penggugat untuk membayar perkara.

Wakil Ketua Dewan Pers Hendry CH Bangun mengatakan, kebijakan Dewan Pers bersama Konstituen membuat peraturan Standar Kompetensi Wartawan dan Uji Kompetensi Wartawan sudah sesuai dengan kewenangan yang diberikan oleh UU Pers No. 40 tahun 1999.

“Kewenangan Dewan Pers itu sesuai dengan fungsinya sebagaimana diatur di dalam Pasal 15 ayat 2 huruf f. Pasal itu menyebutkan, Dewan Pers memfasilitasi organisasi-organisasi pers dalam membuat peraturan peraturan pers. Jadi Standar Kompetensi Wartawan dan Uji Kompetensi Wartawan itu ada niscaya dan sudah diikuti oleh semua stakeholder pers, karena memang diperlukan,” katanya, Rabu (11/9/2019).

Dewan Pers sangat menyayangkan adanya tindakan dari pihak-pihak dan media pers tidak profesional yang membangun framing atau opini ke publik, bahwa Dewan Pers sebagai Terbanding (dahulu Tergugat) diputuskan telah dikalahkan oleh Majelis Hakim Tinggi PT DKI Jakarta dan Pengadilan memenangkan perkara gugatan dari pembanding.

Dengan adanya keputusan PT DKI Jakarta ini, jelaslah bahwa keputusan banding ini memperkuat posisi Dewan Pers sebagai lembaga yang diberi kewenangan oleh Undang Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers, sebagaimana yang tercantum pada Bab V Pasal 15 ayat 2 butir f. yang berbunyi: “Dewan Pers melaksanakan fungsi: f. Memfasilitasi organisasi-organisaai pers dalam menyusun peraturanperaturan di bidang pers dan meningkatkan kualitas profesi kewartawanan”.

Redaksi

Categorised in: ,

No comment for Sidang Gugatan SPRI dan PPWI di PT Dimenangkan oleh Kubu Dewan Pers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *