Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Headline » Risma Akan Diajak Makan Papeda Bersama Mahasiswa Papua yang Berada di Surabaya

Risma Akan Diajak Makan Papeda Bersama Mahasiswa Papua yang Berada di Surabaya

(202 Views) August 21, 2019 6:53 pm | Published by | No comment

Surabaya – SUARA JAKARTA NEWS – Tri Rismaharini  Wali Kota Surabaya gagal mendatangi Asrama Mahasiswa Papua di Jalan Kalasan, Surabaya, Jawa Timur, lantaran adanya penolakan dari mahasiswa Papua yang menempati asrama tersebut Selasa (20/8/2019).

Mahasiswa di asrama tersebut belum mau menerima siapa pun tamu yang akan berkunjung ke sana.

“Iya, kebetulan saya dilarang (oleh staf Wali Kota). Mereka masih mau bicara dulu sebelum aku ke sana,” kata Risma di rumah dinas wali kota, Surabaya, Selasa.

YouTube video

Akan tetapi Risma akan terus berupaya supaya bisa menemui mahasiswa asal Papua tersebut untuk mengurai dan mencari solusi atas masalah yang terjadi.

“Saya berusaha mendekat, tapi mereka enggak mau, gitu ya. Mungkin nanti melalui Pak Lenis (Kogoya) ya,” ujar Risma.

Kepala Humas Pemerintah Kota Surabaya Muhammad Fikser mengatakan, Pemkot Surabaya akan melakukan pendekatan persuasif agar mahasiswa Papua yang menempati asrama di Jalan Kalasan bisa menerima kedatangan Risma.

“Kami akan terus upayakan untuk bisa mediasi dengan mereka (mahasiswa Papua),” tutur Fikser.

Sementara itu Jenis Kagoya Staf Khusus Presiden dan Ketua Lembaga Masyarakat Adat Tanah Papua  menyampaikan, Selasa malam mahasiswa Papua di Jalan Kalasan menemuinya di salah satu hotel di Surabaya.

“Jadi bukannya mama ( Risma) ditolak, bukan. Mereka itu (mahasiswa Papua) menunggu bagaimana makan papeda bersama,” tutur Lenis.

Rencananya setelah bertemu dengan perwakilan mahasiswa Papua, pihaknya akan mencoba mengatur jadwal agar Risma bisa bertemu langsung dengan mereka.

“Kami akan atur jadwal yang baik. Setelah atur jadwal itu, baru kami akan koordinasi dengan mama wali kota (Risma) dan mama gubernur (Khofifah). Mungkin itu yang kami lakukan,” kata Lenis.

Tepat hari Selasa (20/8/2019) malam, Risma menerima Lenis di rumah dinas wali kota di Jalan Sedap Malam, Surabaya dan beberapa perwakilan mahasiswa Papua serta Ikatan Keluarga Besar Papua Surabaya (IKBPS).

Risma berkata kalau dia sudah menganggap para mahasiswa asal Papua yang tinggal di Surabaya itu, seperti anak sendiri, yaitu dengan cara diberikan fasilitas dalam upaya mengembangkan minat dan bakat, seperti pelatihan komputer dan bahasa Inggris.

Risma berharap semua pihak menahan diri dan mau berpikir jernih untuk menyelamatkan bangsa dan mengedepankan rasa persaudaraan dan persatuan.

“Saya pikir untuk apa kita bermusuhan, enggak ada gunanya kita bermusuhan. Karena kalau kita musuhan, kita tidak bisa berpikir untuk maju,” tutur Risma.

Lenis juga menyampaikan, persoalan yang terjadi di Papua memang harus diredakan dengan cara-cara mediasi seperti ini.

Lenis harap tindakan-tindakan rasialis yang dapat melukai hati masyarakat Papua tidak terulang kembali.

Dan akhirnya kedua tokoh ini berharap supaya jangan mau diprovokasi atau diadu domba.

Reporter : Lucky Richter

Categorised in:

No comment for Risma Akan Diajak Makan Papeda Bersama Mahasiswa Papua yang Berada di Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *