Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Hukum & Kriminal » PT.Nusa Cipta Sarana. Telah MeremehkanBp.Nuch Selaku Pengawas I DisnakerTrans Provensi Jawa Timur

PT.Nusa Cipta Sarana. Telah MeremehkanBp.Nuch Selaku Pengawas I DisnakerTrans Provensi Jawa Timur

(55 Views) November 30, 2021 9:56 am | Published by | No comment

Surabaya – SuaraJakarta.News – PT.Nusa Cipta Sarana. Telah Merehmehkan Bp.Nuch, selaku Pengawas 1, Disnakertrans Provensi Jawa Timur.

Seperti diketahui dari berita sebelumnya, pihak pekerja atas nama Boedi Setyono, melayangkan surat pengaduan ke Disnakertrans Provensi Jatim, tertanggal 20 Agustus 2021 tentang ketidak adilan. PT. Nusa Cipta Sarana (PT. NCS). Kepada Karyawannya. Yang memberikan UMK di bawah standar umum dan penawaran pesangon PHK yang tidak sesuai dengan UU CIPTA KERJA. Dan direspon pihak HI (hubungan industrial) Disnakertrans provinsi Jawa timur tgl 2 September 2021. Kasus bergulir dengan difasilitasi lewat perundingan, dan hingga saat ini sudah ke mekanisme pengawasan
korwil I Disnakertrans Provensi Jatim. PT. NCS tidak hadir saat panggilan 1 dan panggilan 2 oleh pengawasan Disnakertrans Provinsi Jatim. Saat panggilan 1 (pertama)

Pemeriksaan Pengawas Disnaker Provensi Jawa Timur. tidak hadir tepat waktu yang telah ditentukan. Setelah itu, pihak PT NCS baru datang di waktu yang lain. Disnakertrans Provensi Jawa Timur mengadakan panggilan ke 2 tertanggal 18 November 2021, namun PT. NCS menyatakan tidak bisa hadir dengan alasan sibuk, dan menyatakan sanggup hadir lagi diwaktu yang lain, dan PT. Nusa Cipta Sarana, menentukan tanggal 23 November 2021. Akhirnya pihak pengawasan korwil I Disnakertrans provensi Jatim memberikan undangan tertanggal yang diminta oleh PT NCS sendiri yakni tgl 23 November 2021 pukul 09.30. Akan Tetapi lagi lagi di ingkari padahal janji sendiri.
Ditunggu sampai pukul 11.00 oleh Bp.Nuch selaku perwakilan dari Dinas Pengawas Korwil 1, Disnakertrans Provensi Jawa Timur. PT. NCS tidak hadir. Ini berarti Pihak PT.NCS sudah meremehkan Pengawas Korwil 1, DisnakertransProvensi Jatim, dalam hal ini yang di wakili oleh Bp Nuch.
Akhirnya pihak Karyawan Boedi Setyono, mengajukan permintaan kepada pengawas korwil I Disnakertrans provensi Jatim an. Bp.Nuch untuk menerbitkan nota pemeriksaan, karena beliau pernah menyatakan jika dalam panggilan ke 2 PT. NCS tidak hadir maka akan diterbitkan nota pemeriksaan baru, karena tidak ada itikad baik dari PT.Nusa Cipta Sarana. Selanjutnya diteruskan ke mekanisme penegakan hukum.

Karyawan Boedi Setyono, Selama bekerja di PT. Nusa Cipta Sarana. Pihak Boedi Setyono tidak pernah didaftarkan, ke BPJS Ketenaga kerjaan, hal ini juga ditanyakan Bp.Nuch selaku pengawas korwil I Disnakertrans Provensi Jatim.

Saat pertemuan yang tidak dihadiri PT. Nusa Cipta Sarana.
Pihak Pengawas
Pernah meng agendakan pertemuan pada tgl 23 November 2021, padahal hari dan tgl tersebut, yang menentukan pihak PT. Nusa Cipta Sarana sendiri.

Jadi kalau dihitung perkara tersebut sudah lebih dari 4 bulan lamanya. Semenjak surat PHK tersebut dikeluarkan tertanggal 31 Juli 2021.
Berarti kasus tersebut telah tertunda sama halnya pesangon ini. Jadi untuk menunggu proses selama di PHK.
Yang harusnya merupakan hak pekerja.

Dan selama bekerja 11 tahun lebih di PT.NCS, pekerja atas nama Boedi Setyono, mendapatkan gaji jauh di bawah UMK. Dalam hal ini harusnya juga jadi perhitungan pihak Disnakertrans bagi karyawan dalam hal ini atas nama Boedi Setyono.

Jadi untuk menuntut diteruskan ke mekanisme penegakan hukum.
Ini juga jadi pertimbangan Pihak Disnakertrans.

Sesuai UU CIPTA KERJA pasal 88A ayat 3 pengusaha bisa dituntut hukum pidana paling singkat 1 tahun & paling lama 4 tahun dan atau denda paling sedikit Rp 100 juta (seratus juta rupiah).atau lebih.
Ini harusnya juga bisa dijadikan acuan pihak Disnakertran Provensi Jawa Timur.

(Tim-Red)

Bersambung..

Categorised in: , ,

No comment for PT.Nusa Cipta Sarana. Telah MeremehkanBp.Nuch Selaku Pengawas I DisnakerTrans Provensi Jawa Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *