Menu Click to open Menus
Home » Hukum & Kriminal » Pecat Saja Bila Enzo Zenz Allie Terindikasi HTI

Pecat Saja Bila Enzo Zenz Allie Terindikasi HTI

(67 Views) August 8, 2019 11:09 am | Published by | No comment

Jakarta – SUARA JAKARTA NEWS – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu memberikan keterangan pers usai rapat pimpinan Kementerian Pertahanan 2019 di Gedung AH Nasution Lt 16, Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu(/0708/2019)

Ryamizard Ryacudu menanggapi ketika mendengar adanya taruna Akademi Militer TNI Enzo Zenz Allie yang diduga simpatisan Hizbut Tahrir Indonesia atau HTI. Nama Enzo terkenal setelah video viral dia diajak bicara dalam Bahasa Prancis oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam ujian pantauan akhir (pantukir).

Menurut Ryamizard, latar belakang Enzo Zenz Allie adalah keturunan Prancis. Ayahnya Jean Paul Francois asal Prancis dan Siti Hajah Tilaria asal Sumetera Utara. Menurut Menhan, prajurit TNI harus taat pada UUD 45 dan Pancasila sebagai ideologi bangsa.

“Enggak ada urusan! Saya cari-cari dari Sabang sampai Merauke, mau cari itu di depan mata saya. Copot saja!” ujar Ryamizard di Istana Kepresidenan Jakarta hari ini, Rabu(07/08/2019).

Ryamizard mengatakan, tak akan memberikan toleransi kepada siapapun prajurit TNI jika benar sebagai simpatisan HTI. “Kalau benar, saya suruh (Mabes TNI) berhentiin.”

Dengan tegas, pensiunan jenderal bintang empat ini menyebut jika ada tentara yang pendukung Khilafah adalah penghianat.

“Pecat saja. Orang mendukung Pancasila kok. Itu namanya penghianat,” singkat dia.

Ryamizard menambahkan perlu ada penelitian khusus untuk mengecek apakah calon tentara atau tentara terindikasi radikal, HTI ataupun paham khilafah.

Sehari sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan Enzo telah memenuhi syarat untuk menjadi Taruna Akmil di Magelang.

Hadi juga menyampaikan Enzo adalah sah WNI yang telah lolos syarat tes baik fisik maupun psikologi.

Dalam video, Panglima TNI terlihat bercakap-cakap dengan Enzo Zenz yang fasih berbahasa Prancis. Pria 18 tahun ini juga disebut mampu berkomunikasi dalam 4 bahasa, yaitu Inggris, Arab, Prancis serta Indonesia.

“Dilihat dari seleksinya memenuhi syarat, yang viral itu pull up-nya, larinya, ya itu dihitung semua secara fisik kemudian psikologinya semuanya memenuhi syarat,” kata Hadi Tjahjanto di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa,06/08/2019).

Belakangan beredar tangkapan di medsos foto Enzo Zenz Allie dan ibunya yang isinya dinilai mendukung ide khilafah dan HTI.

TNI pun menyatakan sedang mendalami informasi tentang Enzo Zenz Allie. Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal Sisriadi menegaskan TNI sudah sangat selektif menyaring calon taruna Akmil.

Reporter : Sugeng

Categorised in: ,

No comment for Pecat Saja Bila Enzo Zenz Allie Terindikasi HTI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *