Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Pariwisata & Budaya » Menelusuri Kesaktian Golok Si Pitung Jawara dari Rawa Belong

Menelusuri Kesaktian Golok Si Pitung Jawara dari Rawa Belong

(1158 Views) August 12, 2019 10:13 pm | Published by | No comment

Jakarta – SUARA JAKARTA NEWS – Sosok Pitung dari cerita turun temurun memang dikenal sebagai seorang pemuda jago bela diri. Dia mewarisi ajaran bela diri ‘Maen Pukul’ dari gurunya bernama Haji Naipin di daerah Tanah Abang.

Tidak hanya jago bela diri, konon Pitung juga memiliki segudang ilmu kanuragan yang tidak mempan dibacok atau ditembus peluru.

Katanya Selain berguru dengan Haji Naipin, Pitung juga sempat belajar ilmu di daerah Banten.

Pitung diceritakan juga kerap memakai baju dan celana warna merah serta ikat pinggang khas Betawi. Di ikat pinggang itu juga terselip sebilah golok yang sering dibawa untuk menghadapi musuh-musuhnya.

Bahkan ada cerita juga berkembang jika golok itu merupakan senjata sakti milik Pitung.

Selain golok, Pitung juga memiliki seperangkat benda sakti lain seperti sarung yang sering dibawanya dipercaya masyarakat merupakan sarung sakti.

Padahal sarung tersebut biasa digunakan si Pitung untuk sekedar melakukan ibadah salat tapi berkembang lagi cerita soal kesaktian sarung si Pitung yang katanya jika digunakan untuk melawan penjahat, sarung itu bisa melumpuhkan lawan dan membuat si Pitung tidak kelihatan ketika dicari oleh musuh musuhnya.

Selain sarung pernah juga diceritakan kepada wartawan oleh seseorang yang tinggal dibilangan Srengseng sawah Lenteng Agung Pasar Minggu bernama Ncang Agus (42 ) yang dipercaya warga Setu Babakan sebagai sesepuh orang Betawi tulen bahkan menjadi pewaris ilmu batin dari si Pitung walau masih terbilang berusia muda.

Kata Ncang Agus yang berkepala nyaris botak itu si pitung konon mempunyai jimat ampuh berupa batu cincin sakti berwarna hitam wulung.

Menelusuri cerita jimat tersebut, wartawan sempat berkunjung ke rumah panggung si Pitung yang berada di daerah kawasan Marunda Pulo Kecamatan Cilincing Jakarta Utara, yang katanya bernuasana mistis cukup kental.

Ketika ditanya kepada penjaga rumah si pitung apakah ada kejadian unik disekitar situ, misalkan orang tirakat untuk mencari ilmu disitu seperti cerita yang pernah didapat wartawan sebelumnya, di jawab iya dan sering.

Hal ini terungkap ketika wartawan bertanya kepada bapak penjaga situs tersebut yang bernama bapak Damra Hamka, seorang pemandu wisata setempat yang ramah baik hati dan sabar ketika diwawancarai oleh wartawan.

Dulu sering orang datang berburu ilmu si Pitung yang katanya masih ada tertinggal disekitar situs ini, bahkan tidak sedikit banyak orang ‘pintar’ yang datang untuk menarik Jimat si Pitung secara gaib seperti batu dan golok yang konon katanya sakti dan sering digunakan oleh si Pitung pada jaman dulu.

“Terutama Golok dan Batu Cincin si Pitung mas, yang paling di incar orang pintar untuk ditarik itu pusaka jimatnya, karena konon saya sendiri pernah diceritakan langsung oleh orang pintar yang mendeteksi tempat ini, katanya hawa kesaktian golok dan batunya masih suka ada disekitar sini mas .” Ungkap Damra Hamka.

Damra Hamka sempat mengajak wartawan ke tempat penyimpanan duplikat golok sakti tersebut dan menerangkan kepada wartawan bentuk dan ciri khas golok golok tersebut.

Ketika ditanya wartawan ada berapakah golok si Pitung tersebut dan yang paling sakti yang mana, apakah benar konon golok tersebut sakti, dijawab yang kecil dan benar sakti pastinya kata Damra Hamka.

“Ini adalah duplikat golok Si Pitung yang dibuat oleh keturunan generasi awal pembuat golok itu, di jalan Yusuf Rawa Belong ada 3 model, yang agak pendek mirip Badik Sulawesi, dan yang panjang juga golok berkepala Macan, dan goloknya pasti sakti” kata Damra hamka kepada wartawan sambil menutup pintu etalase tempat penyimpanan golok tersebut.

Penasaran untuk melihat duplikat golok si Pitung ?

Pemirsa dapat mengunjungi bangunan tua bernama Rumah Tinggi tempat kediaman si Pitung pada waktu masih hidupnya di daerah kawasan Marunda Pulo Kecamatan Cilincing Jakarta Utara….

Reporter : Luq

Categorised in:

No comment for Menelusuri Kesaktian Golok Si Pitung Jawara dari Rawa Belong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *