Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Informatif » KH.Abdul Wachid Harun” Kegiatan Ini Sebagai Wujud Syi’ar Para Santri Yang Dijuluki Kaum Bersarung

KH.Abdul Wachid Harun” Kegiatan Ini Sebagai Wujud Syi’ar Para Santri Yang Dijuluki Kaum Bersarung

(41 Views) October 25, 2021 5:40 pm | Published by | No comment

Sidoarjo – SuaraJakarta.News – Hari Santri merupakan momen sejarah perjuangan para santri dalam memperjuangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui Resolusi Jihad yang dicetuskan oleh KH. Hasyim Asy’ari yang mewajibkan seluruh Umat Islam untuk berjihad melawan penjajah Belanda dalam Agresi Militer II tepatnya pada tanggal 22 Oktober 1945. Sehingga Presiden RI Joko Widodo menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional yang tertuang dalam Keputusan Presiden RI Nomor 22 Tahun 2015.

Kemeriahan Hari Santri begitu terasa di wilayah Kabupaten Sidoarjo yang memiliki ratusan pondok pesantren yang tersebar di 18 kecamatan. Bertemakan “Santri Siaga Jiwa Raga”, Hari Santri Nasional di tahun 2021 ini diperingati oleh Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam sebagai wujud penyataan sikap para santri untuk terus siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia dan mewujudkan perdamaian dunia.

Sabtu pagi (23/10), Kepala Kankemenag Sidoarjo Amir Sholehuddin didampingi Kasi PD Pontren Ahmad Fathoni menghadiri kegiatan Ngonthel Bareng bersama Jama’ah Ngaji Ponpes Mambaul Hikam Putat Tanggulangin. Hadir pula Moh. Sholehuddin, Penyelenggara Zakat Wakaf serta M. Nurul Huda, Unin Bisono, dan Suparman, staf PD Pontren Kankemenag Sidoarjo. Kegiatan ini merupakan acara rutin tahunan yang digelar oleh pondok pesantren tersebut dalam setiap momen peringatan Hari Santri Nasional. Uniknya, seluruh peserta memakai baju merah dan bersarung putih sebagai wujud Nasionalisme para santri. Menurut Amir, kegiatan Ngonthel bareng ini sesuai dengan tema HSN 2021 yang diharapkan santri sehat jasmani dan berperan aktif dalam membangun negeri kita tercinta.

Menurut KH. Abdul Wachid Harun, Pengasuh Ponpes Mamba’ul Hikam Putat Tanggulangin menambahkan bahwa kegiatan ini sebagai wujud syi’ar para santri yang dijuluki kaum bersarung ini terpinggirkan. “Orang santri harus ada di permukaan, Harus ikut mewarnai, harus berperan untuk negara.” tutur pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua MUI Sidoarjo ini.

Start dimulai dari Ponpes Mambaul Hikam Putat Tanggulangin menuju Jalan Raya Candi hingga finish di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo yang dikawal oleh petugas dari Banser, Polsek Tanggulangin dan Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan kemudian dilanjut dengan pembagian 300 door prize yang diundi melalui kupon yang telah disediakan oleh panitia.

Semoga kemeriahan Hari Santri Nasional tahun ini dapat mewujudkan santri yang semangat dalam mengabdi pada negara dan Tuhan Yang Maha Kuasa, ungkapnya pada media.

(Hms/Setyo/Arief)

Categorised in: , ,

No comment for KH.Abdul Wachid Harun” Kegiatan Ini Sebagai Wujud Syi’ar Para Santri Yang Dijuluki Kaum Bersarung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *