Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Hukum & Kriminal » Kasus Lanjut Jalur Hukum, Tidak Menutup Kemungkinan Lapor Kepolisian. Akhirnya Pengawas Korwil 1 Disnakertrans Provinsi Jatim Mengeluarkan Nota Pemeriksaan Pertama (1). Terhadap PT. Nusa Cipta Sarana (NCS) Sidoarjo

Kasus Lanjut Jalur Hukum, Tidak Menutup Kemungkinan Lapor Kepolisian. Akhirnya Pengawas Korwil 1 Disnakertrans Provinsi Jatim Mengeluarkan Nota Pemeriksaan Pertama (1). Terhadap PT. Nusa Cipta Sarana (NCS) Sidoarjo

(118 Views) February 13, 2022 9:59 pm | Published by | No comment

Sidoarjo – SuaraJakarta.News – Kasus dilanjut diduga akan merambah kerana hukum, antara PT.Nusa Cipta Sarana (NCS), dengan karyawannya, setelah dilaporkan ke Disnakertrans oleh karyawannya.

Dan tidak kunjung selesai sampai kurang lebih 6 bulan, terkatung katung di Disnakertrans Jatim dan kedua belah pihak sudah dipanggil oleh Disnakertrans. Pihak PT.NCS, selalu mangkir sampai lebih dari 3 kali pemanggilan. Akhirnya Disnakertrans mengeluarkan surat somasi pertama kepada PT.NCS. Seperti diketahui dari berita terdahulu kasus PT NCS (Nusa Cipta Sarana) menggaji karyawannya di bawah UMK belum tuntas. Akhirnya Pengawas Korwil I Provinsi Jatim yang diketuai, Muchamad Nuch, SH, ST Mengeluarkan Nota Pemeriksaan satu(1)

Terhadap PT NCS (Nusa Cipta Sarana) pada tanggal 9-2-2022, yang isinya menyatakan PT NCS memberikan upah di bawah UMK kepada eks. pekerja Boedi Setyono, ST. Dengan kata lain kasus ini merupakan pelanggaran hukum tindak pidana yang diatur pada UU Cipta Kerja.

Nota Pemeriksaan satu, dikeluarkan dan ditangani tim pengawas korwil I, yang diketuai Muchamad Nuch SH, ST. Dalam hal ini, kasus PHK PT. Nusa Cipta Sarana kepada pekerja Boedi Setyono.ST, dilimpahkan ke Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sidoarjo, tertanggal 31-1-2022, yang ditandatangani kepala Disnakertrans Provinsi Jatim Dr. Himawan Estu Bagijo, SH, MH.

Dalam hal ini kasus di split menjadi 2, yakni kasus hukum pidana ditangani Disnakertrans Provinsi Jatim, yaitu pembayaran upah di bawah UMK.

Sedangkan kasus hukum perdata ditangani Disnakertrans Kabupaten Sidoarjo yaitu kasus pesangon PHK. Pada tgl 11-2-2022, eks pekerja Boedi Setyono, ST, memenuhi panggilan dinas pengawas korwil I Disnakertrans Povinsi Jatim mengenai penjelasan kasus oleh tim yang diketuai Muchamad Nuch SH, ST, pekerja berpendapat jika kasus ini masih lama lagi tidak terselesaikan, maka tidak menutup kemungkinan eks pekerja akan menempuh jalur hukum dengan melaporkan ke pihak kepolisian. Mengingat kasus ini sudah lama kurang lebih 6 bulan ditangani Disnakertrans Provinsi Jatim.

(Budi)

Categorised in: ,

No comment for Kasus Lanjut Jalur Hukum, Tidak Menutup Kemungkinan Lapor Kepolisian. Akhirnya Pengawas Korwil 1 Disnakertrans Provinsi Jatim Mengeluarkan Nota Pemeriksaan Pertama (1). Terhadap PT. Nusa Cipta Sarana (NCS) Sidoarjo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *