Menu Click to open Menus
Home » Headline » Ibu Kota Baru Akan Diumumkan Pada Tanggal 16 Agustus Nanti oleh Presiden Jokowi

Ibu Kota Baru Akan Diumumkan Pada Tanggal 16 Agustus Nanti oleh Presiden Jokowi

(42 Views) August 15, 2019 9:06 am | Published by | No comment

Jakarta – SUARA JAJARTA NEWS –  Presiden RI Bapak Joko Widodo akan mengumumkan kota yang akan dipilih menjadi ibu kota Indonesia yang baru menggantikan Jakarta pada 16 Agustus 2019 nanti.

“Iya, mudah-mudahan (akan diumumkan ibu kota baru pada 16 Agustus 2019),” kata Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko di Jakarta, Rabu (14/8).

Ketika di tanya apakah Jokowi akan mengumumkan hal tersebut saat pidato kenegaraan di Gedung DPR/MPR RI, Moeldoko belum bisa memastikannya.

Moeldoko mengatakan kalau Presiden Jokowi telah memerintahkan kepada seluruh menteri-menterinya untuk melakukan pembahasan lebih rinci lagi terkait pemilihan ibu kota baru tersebut.

“Belum tahu pasti, karena kemarin perintahnya kepada para menteri untuk dilakukan analisa yang lebih dalam lagi,” kata Moeldoko.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro pun tak membantah dan tak membenarkan soal pengumuman lokasi ibu kota baru akan dilakukan pada 16 Agustus besok ketika dikonfirmasi oleh awak media

“Nanti yang akan mengumumkan Presiden (Jokowi),” kata Bambang.

Bambang tidak berbicara banyak mengenai hal ini lebih lanjut.

Saat ini, sudah ada dua lokasi yang menjadi kandidat kuat ibukota baru, yaitu di kawasan Bukit Soeharto, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur serta Kabupaten Gunung Mas di Kalimantan Tengah.

Di tahap awal ibukota baru akan menampung kurang lebih 1,5 juta penduduk, yang terdiri dari PNS pusat, pegawai legislatif, yudikatif, legislatif yang diperkirakan sebanyak 200.000 jiwa.

Sementara untuk aparat Polri dan TNI sekitar 25.000 jiwa. Setidaknya, untuk membangun ibukota baru yang rencananya akan seluas 40.000 hektar.

Pemerintah memerlukan dana hingga US$ 33 miliar atau Rp 446 triliun.

Reporter : Lucky

Categorised in: ,

No comment for Ibu Kota Baru Akan Diumumkan Pada Tanggal 16 Agustus Nanti oleh Presiden Jokowi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *