Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Hukum & Kriminal » H.Ahmad Muhdlor Ali, S.I.P. Bupati Sidoarjo Jatim Langsung Turun Begitu Banjir Ada Di Tiga Desa Wilayahnya

H.Ahmad Muhdlor Ali, S.I.P. Bupati Sidoarjo Jatim Langsung Turun Begitu Banjir Ada Di Tiga Desa Wilayahnya

(57 Views) December 26, 2021 12:50 pm | Published by | No comment

Tanggulangi

Sidoarjo – SuaraJakarta.News – Sekarang Warga Tiga Desa merasa senang dengan kedatangan Bupati Sidoarjo
H.Ahmad Muhdlor Ali, S.I.P.
Pada kamis, 16 Desember 2021 lalu.
Di Desanya. Langganan Banjirnya sudah bisa dirasakan sekarang. Solusi terbaik nantinya lebih bagus dan tidak ada banjir lagi.

Ketika itu yang ikut. Rombongan dan hadir diantaranya, Kepala Dinas Perikanan, Ir.Mochamad Bachruni Aryawan, MM.
Camat Tanggulangin, Sabino Mariano.S.Sos.M.Kp. Dan beberapa pejabat teras Kabupaten.


Camat Tanggulangin.

Saat itu, upaya pencegahan banjir di tiga desa tersebut dilakukan dengan pembuatan kisdam atau bendungan penahan air.

Bupati Muhdlor Turun ke Tiga Desa Langganan banjir membuat pemetakan solusi dan mengecek progress penanganan banjir.

Tiga desa di Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, yaitu Desa Kedung Banteng, Desa Banjar Asri, dan Banjar Panji, selama ini kerap menjadi langganan banjir.

”Hari ini kita turun bersama tim ITS untuk memetakan solusi dan mengambil langkah paling optimal. Minggu lalu saya juga ke sini. Kita cari opsi-opsi jangka pendek dan jangka menengah untuk atasi banjir di sini,” ujar Bupati Muhdlor, Sabtu (20/11).

Bupati mengatakan, saat ini upaya pencegahan banjir di tiga desa tersebut dilakukan dengan pembuatan kisdam atau bendungan penahan air. Pembangunan berjalan secara bertahap. Beberapa pompa air akan diletakkan di kisdam tersebut.

”Kami bikin enam titik kisdam. Sekarang tahap pengerjaan. Ya kebut-kebutan lah, saya akan cek terus,” ujarnya.

Bupati Muhdlor tampak langsung mengecek dua kisdam, yaitu Kisdam 1 di Desa Banjar Panji dan Kisdam 2 di Desa Penatarsewu. Dia menekankan, pengerjaannya akan terus dilanjutkan. Nantinya ada 30 pompa air yang akan disebar di 6 kisdam. Dari titik-titik kisdam tersebut, diharapkan bisa mencegah atau meminimalkan banjir.

”Persiapan pompa wajib, dari Dinas PU, dari BPBD juga ada. Kami juga meminta ke provinsi. Termasuk kita galang kerja sama dengan kepala daerah sekitar untuk memastikan pompanya ini ready,” ucapnya.

Gus Muhdlor–sapaan Bupati Muhdlor mengungkapkan, BMKG telah menyampaikan prakiraan cuaca bahwa pada awal dan akhir Desember 2021, akan ada kenaikan gelombang rob setinggi sekitar 1,3 meter. Curah hujan juga akan tinggi.

Oleh karenanya, berbagai persiapan dilakukan Pemkab Sidoarjo untuk mengantisipasi dampak fenomena alam tersebut. Seperti yang dilakukan di Desa Kedung Banteng yang masuk dalam wilayah rawan banjir. Selain pembangunan kisdam, juga dilakukan normalisasi sungai.

“Daerah ini (Desa Kedung Banteng) mirip seperti mangkok. Peta dari ITS juga kami tindaklanjuti, bagaimana menempatkan pompa air ini harus di luar mangkoknya. Ibaratnya kalau di dalam mangkok, airnya balik atau kembali,” sambung Bupati.

Pembangunan kisdam dengan pompa air akan lebih efektif mencegah banjir. Pasalnya tidak bisa dipungkiri penurunan tanah yang cukup tinggi terus terjadi di tiga desa tersebut. Air akan mencari tempat yang lebih rendah seperti di wilayah Desa Kedung Banteng, Banjar Asri dan Banjar Panji.

“Ini persiapan Pemkab Sidoarjo untuk bersama sama bergerak bareng, untuk memastikan tiga desa ini dampak banjirnya tidak sedahsyat sebelumnya ketika itu. Menurut salah satu warga sekitar.

Visi dan misi Bupati Mudlor ini semoga amanah, begitu menurut masyarakat didesa tersebut.

(Moh.Sobirin)

No comment for H.Ahmad Muhdlor Ali, S.I.P. Bupati Sidoarjo Jatim Langsung Turun Begitu Banjir Ada Di Tiga Desa Wilayahnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *